Fakta Menarik Seputar Kadaluarsanya Peralatan Masak

Memasak merupakan salah satu hobi yang banyak dilakukan tidak hanya oleh kaum wanita namun juga pria. Kebersihan dari peralatan masak menjadi faktor utama yang harus diperhatikan dengan teliti karena jika kebersihan tidak terjaga, dapat mengancam kesehatan orang yang mengkonsumsinya. Terdapat beberapa fakta menarik seputar alat-alat memasak yang perlu Anda ketahui dan salah satunya adalah alat-alat masak yang sering Anda gunakan beberapa diantaranya memiliki masa kadaluarsa.

Kadaluarsa atau masa penggunaan maksimal yang pertama seputar peralatan memasak adalah sendok sayur yang terbuat dari kayu. Masa kadaluarsa sendok sayur kayu ini adalah 5 tahun. Walaupun jenis sendok sayur ini tahan panas dan tampak alami sehingga cocok untuk makan dengan nuansa yang lebih alami, namun sebaiknya Anda menggantinya setelah 5 tahun. Hal ini dikarenakan sendok sayur jenis ini mudah untuk berjamur dan dapat menjadi sarang bakteri apabila digunakan terlalu lama dan ditaruh di tempat yang lembab.


Kedua adalah spatula plastik. Spatula yang biasa digunakan untuk memasak di teflon tersebut atau spatula plastik untuk mengaduk adonan kue tersebut memiliki masa kadaluarsa yaitu selama 2 tahun. Hal tersebut dikarenakan jenis spatula plastik mudah tergores sehingga dapat menjadi sarang bakteri. Hal tersebut diperparah jika tidak dibersihkan dengan baik dan terkena minyak atau mentega ataupun krim yang berlemak dan susah untuk dibersihkan. Hasilnya, keelastisan spatula menjadi berkurang dan membuatnya menjadi kaku sehingga tidak nyaman untuk dipergunakan.

Ketiga adalah wajan anti lengket. Peralatan masak ini sering digunakan dan dipilih karena dapat meminimalkan penggunaan minyak sehingga baik untuk tubuh. Akan tetapi, wajan anti lengket memiliki masa kadaluarsa yaitu sekitar 2-3 tahun namun hal tersebut tergantung dari sering tidaknya Anda menggunakan wajan tersebut. Jika sudah terlihat mengelupas, sebaiknya langsung ganti dengan yang baru atau jika ingin tahan lama, gunakan spons yang lembut dan tidak menggores wajan serta menggunakan spatula yang sesuai dengan wajan.

Akan tetapi, kesalahan banyak dilakukan dalam memilih wajan anti lengket. Faktanya, jika Anda salah dalam memilih wajan anti lengket, justru dapat membahayakan tubuh dan meningkatkan dan memicu resiko kanker. Sebelum Anda menggunakan wajan anti lengket, sebaiknya pilih produk yang memenuhi standar foodgrade FDA. Salah satu jenis wajan anti lengket yang baik adalah wajan yang mempunyai lapisan hard anodizing. Lapisan tersebut berfungsi untuk melapisi alumunium sehingga makanan tidak akan bersentuhan langsung dengan alumunium.

Peralatan masak lainnya yang memiliki masa kadaluarsa dan fakta menarik seputar peralatan memasak yaitu:

- Masa kadaluarsa untuk pisau buah adalah 2 tahun. Biasanya, pisau buah terbuat dari stainless steel yang tidak setajam pisau lainnya sehingga harus tetap terus di asah dan dibersihkan. Jika tidak diganti, sisi pisau akan menjadi tumpul dan tentunya tidak dapat digunakan untuk mengupas atau memotong buah.
- Telenan Anda harus diganti setidaknya 3 tahun sekali. Jika telenan Anda terbuat dari kayu, maka Anda harus menggantinya setiap 1 tahun sekali. Hal tersebut dikarenakan telenan mudah sekali tergores oleh pisau dan jika tidak dijaga kebersihannya, dapat menjadi sarang bakteri yang dapat mengancam kesehatan Anda dan keluarga Anda. Hal yang harus Anda perhatikan adalah sebaiknya Anda memiliki telenan yang berbeda untuk memotong daging dan untuk sayur buah. Hal tersebut dikarenakan bakteri dalam daging lebih banyak dan dapat menempel pada telenan. Jika Anda hanya memiliki 1 telenan, setelah digunakan untuk memotong daging, cuci terlebih dahulu sebelum untuk memotong sayur dan buah.

Related Posts
Disqus Comments