Peluang Usaha dengan Modal Kecil yang Bisa Dilakukan Oleh Siapa Saja

Memiliki usaha sampingan yang bisa dilakukan diluar jam kerja utama bisa memberikan Anda tambahan penghasilan guna memenuhi kebutuhan ataupun untuk menambah uang saku atau jajan. Namun seringkali sebuah peluang usaha terhambat oleh minimnya modal sehingga tak banyak yang bisa mempraktekkan ide-ide usahanya tersebut. Padahal jika jeli melihat peluang, masih ada banyak peluang usaha dengan modal kecil yang bisa dilakukan oleh siapa saja baik pria atau wanita antara usia remaja hingga lansia. Apa saja jenis peluang usaha tersebut? Berikut ini contohnya untuk Anda yang memerlukan tambahan penghasilan.

Peluang usaha yang modal kecil siapa saja bisa melakukannya:


1. Makelar

Makelar merupakan julukan untuk orang yang membantu memasarkan produk atau barang milik orang lain untuk dijual kembali. Makelar tidak perlu membeli produk atau barang tersebut terlebih dahulu namun hanya perlu memasarkan. Biasanya keuntungan di dapatkan dari selisih harga yang diberikan oleh makelar dengan harga dari si pemilik barang. Atau bisa juga si pemilik barang memberikan keuntungan yang menjadi hak makelar sesuai dengan persetujuan awal. Ada banyak produk yang bisa menjadi barang dagangan bagi makelar yaitu tanah, kendaraan, dan rumah. Kini jual beli secara online juga mengenal istilah makelar dengan sebutan dropshipper yang melakukan sistem jual beli sama. Dropshipper hanya perlu memasarkan produk milik orang lain di toko online untuk mendapatkan keuntungan dari calon pembeli.

2. Design logo / editing foto

Peluang usaha satu ini menggunakan keahlian sebagai modal utama sehingga bisa dikatakan sebagai usaha yang minim modal dana. Saat ini banyak penggunaan logo untuk kebutuhan komersil apalagi dengan semakin bermunculannya toko online di dunia maya dan percetakan foto dan mmt yang memiliki tarif semakin murah. Pekerjaan bisa dilakukan secara online dengan job yang dikirim melalui email. Pembayaran menggunakan sistem transfer dengan hasil kerja yang juga dikirimkan ke email si pemberi job. Hampir tak ada modal dana yang dibutuhkan kecuali laptop atau komputer dan jaringan internet.

3. Berkebun

Peluang usaha dengan modal kecil yang lebih alami atau natural bisa dicontohkan melalui usaha perkebunan. Tak harus memiliki lahan yang luas serta tanaman dalam jumlah banyak. Dengan membuat bibit tanaman sayuran Anda sudah bisa memiliki penghasilan tambahan. Bibit cabai, tomat, bawang dan seledri banyak dibutuhkan ibu-ibu untuk memasak yang bisa Anda tanam dan jual di area sekitar rumah. Bagi pecinta tanaman hias, menanam tanaman hias misalnya bonsai juga bisa menghasilkan keuntungan yang jauh lebih banyak.

4. Beternak

Bagi yang memiliki hobi memelihara binatang, jadikan hobi Anda sebuah peluang usaha. beternak burung, ayam, hamster dan hewan peliharaan lainnya kini bisa menghasilkan keuntungan berlipat dibandingkan biaya perawatannya sehari-hari. Dengan beternak, modal yang dibutuhkan relatif kecil dibandingkan penghasilannya karena hewan indukan bisa tetap menghasilkan selama dijaga kesehatannya.

Bagi Anda yang ingin memiliki peluang usaha dengan modal kecil bisa melakukan salah satu jenis usaha di atas dimana meski kebutuhan modalnya kecil namun bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan. Pemilihan jenis usaha bisa dilakukan berdasarkan kesukaan, keahlian atau sarana dan prasarana yang telah dimiliki. Meski pada awalnya usaha yang Anda lakukan merupakan usaha kecil dan sampingan, namun dengan ketekunan dan keuletan bisa jadi usaha tersebut akan terus membesar sehingga bisa dijadikan usaha utama yang mencukupi kebutuhan keluarga tanpa Anda harus bekerja sebagai karyawan di bawah pimpinan orang lain.

Related Posts
Disqus Comments